Kamis, 08 Maret 2012

pariwisata kota lahat

Lokasi Wisata di Sekitar Kota Lahat, SUMSEL

BUKIT SERELO
Bukit Serelo terletak sekitar 20 km dari kota Lahat. Penduduk setempat menyebutnya Bukit Tunjuk (sebagian gunung Jempol..padahal cuma bukit sih aneh juga), karena bentuk puncaknya yang mirip telunjuk yang mencuat ke langit.
Jika anda bepergian dari Muara Enim, menjelang 20 km memasuki kota Lahat, bukit itu terlihat jelas di sebelah kiri. Dibawahnya terdapat sebuah kompleks untuk menjinakkan, melatih dan mendidik gajah. Sekitar 40 ekor sudah dijinakkan di tempat ini, namun baru sebagian yang dapat diandalkan untuk para pengunjung. Anda dapat juga membuat foto dengan gajah-gajah itu. Tinggal berikan tip sebesar Rp. 5.000,- kepada pawang dan anda dapat berpose sepuasnya. Tidak menjadi soal apakah anda akan memotret untuk 1 roll film atau slide. Tetapi jangan lupa memberikan hadiah kepada gajah-gajah itu, berupa gula-gula, kacang dan sebagainya.
Dibeberapa tempat dibawah bukit terdapat beberapa tempat untuk berkemah atau rekreasi. Para pramuka dan anak-anak muda acapkali mengunjungi tempat-tempat itu. Sebuah sungai kecil dengan air yang jernih dan belum tercemar, dapat menyegarkan anda.
serelo
GUNUNG DEMPO
Gunung Dempo merupakan salah satu obyek wisata alam Kabupaten Lahat. Gunung tertinggi di Sumatera Selatan ini dapat dicapai langsung dari Palembang dengan kendaraan pribadi selama lebih kurang 6 jam, menempuh jarak sepanjang 295 km. Dapat juga mempergunakan bus umum dari Lahat menuju Pagar Alam (60 km), dan dari sini dilanjutkan dengan bus lain menempuh jarak 9 km sampai ke perkebunan dan pabrik teh lereng gunung.
Anda dapat menginap di mess yang tersedia sambil menikmati pemandangan alam indah sekitarnya. Namun apabila ingin melakukan pendakian ke puncak gunung, maka diperlukan bantuan pawang yang disediakan mess.
Gunung Dempo mempunyai dua puncak. Diatas puncak kedua yang lebih rendah terdapat sebuah kawah yang mengeluarkan batu belerang. Kawah ini terletak ditengah lapangan pasir dan bebatuan yang biasa dipergunakan para pendaki untuk beristirahat dan berkemah. Pendakian dari Pabrik teh ke puncak ini membutuhkan paling tidak 6 jam perjalanan. Para pendaki selain menginginkan petualangan, juga pencinta alam.
dempo
AIR TERJUN LEMATANG DAN NDIKAT
Di antara Lahat dan Pagar Alam terdapat dua air terjun yang masing-masing setinggi 40 meter lebih. Lebih dekat ke arah Lahat disebut air terjun Ndikat, sedang ke arah Pagar Alam disebut air terjun Lematang. Keduany menampilkan panorama alam yang sama.
Pada hari-hari libur atau Minggu kedua air terjun ini ramai dikunjungi wisatawan, untuk rekreasi atau piknik.
Kedua tempat wisata ini dapat dijangkau dengan kendaraan bermotor, baik dari Lahat maupun Pagar Alam. Namun untuk lebih mendekat ke air terjun harus turun berjalan kaki, yang tidak kurang asyiknya adalah selama perjalanan melalui liku-liku tajam sehingga cukup menegangkan.
22.jpg
(inset , ini bukan air terjun Lematang Indah, tapi air terjun apa yah..saya lupa namanya, tapi Lematng Indah paling Indah air terjunnya)
L E M A T A N G

Sungai Lematang merupakan sungai terbesar di Kabupaten Lahat. Sepanjang sungai ini, sebenarnya merupakan obyek wisata alami yang memantulkan keindahan tersendiri. Lematang, seperti sungai-sungai lain yang mengalir di daerah ini, memiliki arus deras, sedang di berbagai tempat terdapat batu-batu besar. Sungai ini, terutama di bagian hulu, setiap tahun menjadi ajang lomba rakit tradisional yang di gelar tanggal 7 Agustus. Lomba yang cukup riskan dan penuh petualangan ini disaksikan ribuan penonton baik lokal maupun wisatawan. Apalagi untuk menyaksikan lomba yang menjadi rangkaian peringatan Hari Kemerdekaan itu tanpa memungut bayaran.
AIR TERJUN KARANG DALAM
Lokasi air terjun ini berada sesudah wilayah dusun Kuba, dengan wilayah yang mudah dijangkau dan bila anda memang menyukai tantangan tempat ini cocok untuk Anda. perjalanan ditempuh dengan berjalan kaki yang cukup jauh karena kendaraan tidak dapat masuk. Jadi jangan lupa mampir kesana ya.
KEBUN BINATANG RIBANG KEMAMBANG
Kebun binatang ini terletak di kota Lahat, merupakan tempat wisata buatan yang dibangun oleh Pemerintah Kabupaten Lahat. dan tidak sulit untuk menjangkaunya. Cukup dengan angkot atau ojek yang sering mangkal anda bisa langsung di antar ke tujuan. Kebun ini memiliki kolam, tapi lebih tepat danau kecil karena cukup besar untuk sebuah kolam. Danau ini berisi ikan dan satwa air yang sering kita lihat. Namun sekarang sepertinya Pemda Kota Lahat kurang memperhatikan objek wisata ini. Padahal ini bisa menjadi salah satu objek yang bagus.
Taman rekreasi Ribang Kemambang ini terdiri atas kolam pemancingan, kebun binatang mini, dan halaman rekreasi yang telah dihijaukan oleh pepohonan.
Foto courtesy of lahatkab.go.id
AIR TERJUN BIDADARI
foto courtesy of lahatkab.go.id
Air Terjun Bidadari terletak di desa Karang Dalam Kecamatan Pulau Pinang kurang lebih 8 km dari kota Lahat.
Disekitar lokasi Air Terjun tersebut, ada 3 Air Terjun (Air Terjun Bujang Gadis, Air Terjun Sumbing dan Air Terjun Naga) lagi yang dapat dinikmati dengan menyusuri aliran dari Air Terjun Bidadari.
Masih banyak Air Terjun dan objek wisata alam lainnya,seperti :
Air Terjun Kerinjing
Air Terjun Lawang Agung
Air Terjun Lintang (Keban)
Tebat Sekedi
Gua Mesanap Mesaris
Gua Sarang Burung (Gua Besar)
Gua Suruman
Pesona Sungai Lematang
Sumber Air Panas Tanjung Sakti
Catatan dari saya : Saya baru mencoba Air Terjun Bidadari, untuk yang lain belum sempat hehehehe
Sumber Air Panas Tanjung Sakti
foto courtesy of lahatkab.go.id
Sumber Air Panas Tanjung Sakti dapat ditempuh dari Ibukota Kecamatan sekitar 10 menit perjalanan menggunakan kendaraan roda 2 atau roda 4. Karena letaknya berada dekat dengan pusat keramaian Kecamatan Tanjung Sakti. Letak Sumber Air Panas ini berada tepat dibawah jembatan yang setiap hari dilalui oleh masyarakat sekitar.
AIR TERJUN LAWANG AGUNG
foto courtesy of lahatkab.go.id
foto courtesy of lahatkab.go.id
Salah satu potensi wisata yang berada di Kecamatan Jarai ini layak untuk dikembangkan untuk menambah pendapatan daerah, dengan lokasi yang tidak terlalu jauh dari jalan utama, lokasi Air Terjun Lawang Agung dapat dicapai dengan menggunakan mobil. Kondisi jalan menuju lokasi sekitar 500 m, dengan kondisi jalannya menurun dan berbatu-batu kecil.
TEBAT SEKEDI
foto courtesy of lahatkab.go.id
foto courtesy of lahatkab.go.id
Danau indah yang dikelilingi oleh pemandangan terletak 20 km dari kecamatan Muara Pinang desa Sukadana

249 Tanggapan to “Lokasi Wisata di Sekitar Kota Lahat, SUMSEL”

  1. noviarman Berkata
    tanya: tempatnya brapa jauh dari muara enim?
    maman, orang baturaja (???)
    dari muara enim kemana pak????
    klo ke lahat cuman 60km dari ME, klo mau ke Pagar Alam sekitar 1 jam klaw naik mobil sendiri, klo naik bis lebih lagi…karena banyak berhenti narik penumpang…..
    tapi gak ngebosenin koq pak, sepanjang jalan ke Pagar Alam , pemandangannya indah apalage klo dah deket (daerah indikat) , dan bukit…cuacanya dingin…
    palage di Dempo, brrrrr…siang aja dingin….palage malem…beku tuh aer….
  2. tempatnya berapa jauh dari Jakarta? :P
  3. eh buat pemda atau siapa aja yang berwenNG, itu air terjun lematang indah tuh kudu di rawat dan di perhatikan, soalnya itu aset boy… kan di amrik ngga ada lematang indah… he2 di sana kan ada niagara fall yang lebih big fall geto. eh tapi bener lho. saya pernah ngmbil gambarnya sebulan yang lalu, bagus banget…..
    tapi yang perlu di perhatikan itu bapak2 yang nagihin tiket masuknya resmi gak ya??????… terus fasilitas lain di bangun dong….
  4. pengen juga w ke sungai lematang kira22222 rame nya kapan yaghhhh
  5. setau aku lematang indah tu di sukajdi dekat pelang kenidai di daerah pagar alam dan mak ini la digik jadi daerah lahat la misah anye ngape masih disebut daerah wisata di Lahat, kinai agi wai dimane batas wilayah tu….!!!!!!!
    • adi putra Berkata
      BetUl nIan Itu lematang kan lah masuk wilaya pagaralam apeagih gunung dempo lah pagaralam nian itu ngape di sebut wisata lahat .?
  6. @phibee
    tergantung kamu mo jalan apa mau naik sepeda, klo jalan siapin makanan untuk 1-2 minggu hehehehe.
    @Deboy
    nah tauk ye, la jarang mudik apolagi maen ke ribang. hehehe.
    yg nagih tiket itu terkadang sampe dua kali untuk turun sama untuk ke atas air terjun. biasalah…..
    @herman
    klo rame pas hari lburan, tp klo sudah keramean sudah dak enak lagi.
    @Dysha
    jangan menjadi kacang yang lupa kulitnya…..kita udah dewasa bro, ini juga saya mendukung visit Indonesia sama Visit Musi, jangan menjadi sombong dan takabur dengan kekayaan alam,,,itu milik yang di ATAS.
    so… WTF
  7. endang herawan Berkata
    Emang lahat dan pagaralam pilihan yang bagus untuk sekedar refresing sampai mendaki, dari snorkling, surfing atawa selaming (apaan tuh). yang pasti aku juga suka kota ini meski aku bukan jeme dari kota ini mungkin bentar lagi ya…..(he..he)
  8. selaming…sambil nyelem minum aer di air terjun hehehehe
    mas endang maksudnya bentar lagi apaan tuh….pindah rumahkah…ato married sama jeme lahat hehehe
  9. Saya sangat prihatin dengan kejadian gempa di daerah lematang lahat,dan juga saya ingin menyapaikan pesan,agar kita menjaga kelestarian hutan. kalau kita merusaknya maka bersiaplah dengan segala kemarahan alam.oh iya jika yang punya blog ini orang p alam,saya punya usul agar jika ingin menuju p.alam-lahat lewat jalan alternatif. Trans Aja- simpang Bacang..Buat pemda P Alam,Agar Diperhatikan Jalan alternatif Tsb…
  10. hmm…wah belum pernah bos lewat sano, simpang bacang …
    kapan kapan nak di coba dulu la. Ayo nih bapak2 yg di Pemda, ini masukan dari rakyat anda…mana janjimu hehehe. btw saya asli lahat, tp suka dgn pagaralam karena udaranya yg bikin betah disana….fresh n sejukkk….gak perlu kulkas ma AC lagi deh :)
  11. Rusmin Nuryadin Berkata
    ya Allah……….begitu indahnya alam semesta ini
    kau menciptakan tanpa kurang sedikitpun
    tapi kenapa manusia seperti aku tidak pernah menjaga serta melestarikannya, cintailah alam nusantara kita ini………Amin
  12. wah bagus nich dah ada blog pagaralam gitu donk mbiar maju msa mundur tersu heba siiipppp
  13. marthin Berkata
    aku jeme lahat pule tapi la lame dide tinggal di lahat, lokmane perkembangannye la dide keruan agi. kalo pacak berasan dikit, ngape gambar ayek terjun lematang tu, kanye ayeknye, tapi jeme karut gale…..
    if you want to promote your land, don’t get in a half…….
  14. yandahari Berkata
    Aku anak pagaralam dan sangat bangga sekali menjadi bagian dari ini. mang tolong gambar nek ditampilkah yang update karena setau aku waktu balek dusun Januari kemaghi gunung Dempo la jauh lebih alap dari ini
  15. sakses selalu bagi yang lagi mencari ilmu semoga bermanfaat bagi ka lahat di masa yang akan datang
  16. Ia Lop Lahat…………..gx bisa ninggalin lahat deh………..
  17. Maju truz Lahat………………
    Anak2 Delta selalu mendoakanmu………
    chayoooooo…….
  18. salam kenal, ok juga ……..
  19. Assalamualaikum,,,djaloe…Langsung aja ya,kok photo AIR PANAS TANJUNG SAKTI kayak gitchu sechhh?He,he,he…Soalnya ane jeme tanjung sakti,, asli dusun,tau dund orang kampoeng,wkakak,kak,kak. Ga’ ad yg lbih uptdate ya plenz?Thank,xixie. Pay pay djaloe.
  20. @mas bujang
    iya nih mas..saya kesulitan untuk mendapatkan foto masing2 tempat wisata itu, kalo mas bujang berkenan dan punya foto yang lebih update bisa dipost disini ato diberi linknya saja, ntar saya coba publish ulang, sebab gak semua yang saya tulis juga saya datengi, jadi cuma ada yang segitu fotonya…maaf…
    makasih infonya
    @yang lain
    thanks udah mampir….maju terus lahat okehh :P
  21. tempat wisata yang bagus ada di simpur. air panasnya yang bagus di bawak jembatan tempat jeme merebus telur.. itu saje enjak di aku tapi aku ga ada potonye entar kalau aku balik dusun ku poto gale tempat wisata yang alap… wasalam win Tanjung sakti. kalu ade berita atau cerite yang bagus tolong kirim ke sini boy_pb2001@yahoo.com
  22. assalamu’alaikum wr. wb
    Saya sendiri hingga saat ini baru tahu bahwa banyak air terjun lain sleain lematang, ndikat & karang dalam, mang moderator ade dide peta yang jelas mengenai tempat wisata kite tersebut minumum rambu yang jelas rasaenye aneh aku yang jeme lahat tapi mpai tahu hari ini bahwa banyak tempat wisata yang ilok !
    Aku sangat ingin pelesiran nginak’i -nye gale-gale
    Wasalam
  23. Hidup lahat.. lam knl ni, kpn ya bsa kesana lgeee????
  24. maju terus kota lahat perbayak pembangunan khususnya daerah aliran sungai lematang ………”jangan sampai banjir lagi
  25. mak mane bae uji jeme, lahat ilok tula.aku aghi dek pacak ngelupekanye.ape lagi lanang betinenye…ciri-ciri jeme lahat tu…itam itam manis…puteh-puteh blagak…di luar itu bukan jeme lahat.
  26. BUmi Lahat emang indah, kapan2 aku coba kesano.
  27. salam kenal buat mang djaloe sak di jeme jati, pulau pinang. aku jeme lahat tapi jarang midang ke tempat wisata-wisata disane, keburu merantau, ke gunung dempo be cuma kebetulan ngikut tour waktu sd heee… mang djaloe jeme mane? tanjung sakti kah? pernah sih aku ke fajar bulan, maen ke badah bapang begawi.
  28. aku juga asli orang sumsel pagar alam, senang bisa mampir ke blog ini salut buat kance……………semangat terus jeme kite ce……….
  29. Kalu kite di bada jauh…. situs inilah dapat mengobati ase ghindu kite same dusun … sanak famili….. kance-kance lame……..
  30. Luar biasa…. tingkatkan terus content blog nya tentang Lahat dan sekitar. Bagi yang punya FaceBook join di group I Love Lahat.
    Seharusnya Anda mendapatkan penghargaan atas info yang diupload untuk Lahat.
  31. Lahat dan Pararalam, indah dan menakjubkan!…
  32. saya sering mudik kesana, tapi baru tau tempat-tempat wisata selain gunung dempo.hehe thanks bgt infonya nii..
  33. Oy,. Jeme Lahat rawat wisato qto tu.. Awak bnyk.. Blagak pule… Mangke pacak kite dapat duit dari wisata qto tu..
  34. Oy,. Jeme Lahat rawat wisato qto tu.. Awak bnyk.. Blagak pule… Mangke pacak kite dapat duit dari wisata qto tu..
  35. ai belagak jeme kite lah ade blog dwek, salam bae kandek jeme kte, sihat gale? oi mang gunung dempo tu punye pagaralam bukan ndek lahat agi? tapi? alap
  36. IKGT(ikatan kelurga gumay talang) & IKSS(ikatan keluarga seganti setungguan )LAHAT jakarta…PARIWISATA DI LAHAT dan SEKITARNYA IS THE BEST pokoknya TOLONG same-same di jage BAE mangke BLANJU LEMAK MIDANG….
    ALUMNI SMP 3 LAHAT ANGKATAN 2003/2003 TOLONG INFORMASINYA BUAT rekan-rekan yang ingin BEtemu SILAHTUHRAHMi dan BERBAGI INFORMASI KEBERADAANNYA SKRNG dimanapun berada
    soalnya kito samo2 jauh galo,rung rubrik dak do…..
    dtunggu infonyo.thanxs buat WEB nyo &l am kenal orang gumay jugo nii kak DJALOE
    info data diri:EMAIL ke dedy_gumay88@yahoo.com
  37. lahat…pagaralam…indah bener tp sebanding dengan perjalanan darat dari bandung sampe 20 jam lebih….dua kali ke sana pingin balik lagi…duriannya murah2 ga kay adi bdg mahaallll….tj sakti dempo….sepi….tenang….kapan ya ke sana lagi….trimakasih polsek dempo selatan atas kerja kerasnya menangkap Sdr Arwansyah….
  38. Assalamualaikum gegalenye dari Sabang sampai Amrik,,,,hai,hai,hai tulisane belagak (alap), isinye bermakna,,sapelah nulise ekh??
    Ooo, mas djaloe takyee,,salam kenal auu kance…nameku Patra, jeme Tj.sakti. Badah di Tanjung tulah (ma’af promosi,,hi,hii,hii) tuape amu sibuk ngebun kawe…oo. Anu anye kalu kance2 sekalian ndak ngubati ghindu ngah Tanjung Sakti payulah bemain ke http://gunraytasti.wordpress.com. Ude itulah, lah panjang libagh mamak’an ni ngicik,,sbelume minta ma’af dan terimekasih.
    NB: Sepiak Gunung Dempo tu ade nampak ke Tanjung Sakti, jadi bagi due kite ngah jeme besemah itu, retie ndek Lahat sepiak, ndek P. Alam sepiak,,,ha,ha,haaaa.
  39. memeng lahat tu kota kelahiran ku kota yg sejuk dan banyak pemandangan yg elok siapa pun yg datang ke kota lahat pasti ingin kembali lagi. berjaya terus kota ku
  40. Memang hebat kota lahat,tapi sayang sungai lematang tdk di rawat sehingga beda dari sungai lematang yang lama.
  41. Desa Tanjung Pinang Kec.Merapi adalah desa kelahiranku 33 tahun yg silam
    didesa itu banyak kenang2an yg takkan aku lupakan bukit selero nan indah,sungai lematang nan luas membentang,kebun kopi,karet menghampar luas dan menjadi sumber mata pencaharian orang tuaku, aku sangat kecewa pa bila objek wisata yg bisa mendapatkan income,malah tidak dirawat .semoga lahat bisa menjadi kota tujuan wisata 2009, maju terus kota lahat ku tercinta
  42. kite jeme pagar alam.dusun aromantai,alangkah alap daerah kami tu,,,,,cacam,,,cacam,,,,
  43. giade engke.e……salam gale nga kance2 sedaerah,lah katah hindunye ngahi dusun bse akuni,lah lame dde balek,adak ay muji kate kaba base daerah kitetu dek bedie ye pacak ngalahkanye,apeagi nian jeme d bawah dempo bujange alap2.gadisane sopan2,itulah die lemaklah jadi nga jeme daerah kite bae,,,,,kah ngape pule jauh2 encakau bini he,,,he,,,,
  44. base gunung dempo tu ndek pagar alam,dek buleh d bagi2 way,,,awas ame di bagi dde rela aq he..he….
  45. salam kandek jeme lahat sejagat raye. Kalu ade kance jeme lahat alumni SMAN 3 Lahat tahun 1997-2000 kabari aku
    • PIRDAWARMAN GUMAY Berkata
      SAME AKU ALUMNI SMA N 3 LAHAT ANGKATAN 1998 AKU MAK INI MERANTAU DI JAWE TEPATE DI TASIKMALAYA SEBAGAI KULI NEGARA.SALAM NGGAK JEME ALUMNI SMA N 3 LAHAT CETING GAK AKU DISINI.AKU BANGGA NGGAK WISATA DI LAHAT TERUTAME AIR TERJUN DI DESA KARANG DALAM ULU. PULU PINANG
  46. aku yang jauh cuman ngucapkan semoga kota lahat tambah maju saje…..salam saje dengan kance Alumni SMA Negeri 1 Lahat tamatan th 1992…injuk kabar saje ….la lame nian dik btemu dgn kance …
  47. bgs jg tu idenya bikin blog seputaran sumsel…
    klo bisa jgn lahat n muara enim tp semua sumsel donk…
  48. oi lailah tuape pengabaran dusunku Tanjung Pinang Merapi, oi la lame nian aku ni dik balek dusun lahindu benau ngak dusun ape lagi ngak bukit serelo, ngak gunung dempo, trus ayik terjun lematang indah oi cacam….lah lame dide ngehasekah udara segar, bunyi burung bekicau kebile mangke pacak balik lagi oiii. lah pinggin nian mandi ayik lematang,behusik ngak gadis selang,betemu ngak kance2, mucung dehian, njale,nyaring nduk alang kelemaknye cacam…ngehase ka gulai tehung empap ikan sepit,gulai tempoyak campur ikan paten. ladasye makan di danggau tengah ume. LAHAT maju terus, jaya abadi kota ku tuk selamenye.
  49. ame pacak tolong njuk tau ape be la behuba di lahat, ksususnye di kotanye, soalnye la ampir 4thn dek balek. hindu nian nga kotaku tu, terutame makanannye pindang tempoyak, nasi angat, sambal caluk heeeeeeeeeem muantap.
  50. ass, aku sudah pernah kekota lahat karena calon suamiku bekerja di SMA 1 lahat. Aku senang disana karena kotanya kecil dan lumayan bersahabat. Titip salam ya buat bang lovanri yang mengajar di SMA 1 LAHAT.
  51. Djaenudin Berkata
    Salam perkenalan,
    Walau aku bukan jeme Lahat ,tapi aku bangga dengan keindahan obyeb
    wisata disekelilingnya.Aku bebini jeme Lahat,dan aku suka berkunjung ke
    sana.Pertahankan dan gali potensi obyeb wisatanya untuk nambah PAD.
    Makasih aku numpang cuap cuap.
    Salam ame family aku di Pasar Bawah.
    Aku usul foto jembatan gantung sungaiLematang di muat.
  52. Salam Kenal….
    Sekarang banyak person yang mulai mencoba mengekpose keindahan dan pariwisata kab.Lahat. Salut, dan semoga dengan ini semakin banyak juga manfaat yang bakal kita terima, toh itu juga untuk kemajuan daerah kita sendiri.
    Ape kbr jeme Lahat yang di Jogja, kapan ade acara lagi di asrama?
  53. Namo ku Espan Effendi di lahirkan di Dusun Tanjung Kurung Lintang 4 Lawang.Kalu aku la nginak Gambar2 tempat wisata kito tu, agak senang jugo hati ku.Asonyo Abis gindu ngan Dusun.Cobo tolong oii aku nontot poto Tebat Sekedi sampai mak ini belum betemu.Jugo kalu ado nyo kenal tlg salam buat KANCO2 lamo. Terutamo buat Ansor RANTAU KASAI,NUSI dusun Muara Karang Lintang dan Salam untuk semua kanco2 ku.semoga kito sehat2 terus Aminnnnnn .wassalam.
  54. ak jeme pagaralam ralat..
    gunung dempo ngai daerah wisata lainny masuk ke daerah pagaralam bkn lahat…
    tlg di perbaharui agi data2 anda..
  55. slam kenal dari budak lahat di florida usa tuk jeme lahat dimane saje
  56. Djaenudin Berkata
    Untuk Fendry,
    Tolong bace yang benar tulisanku itu.Aku dide ngatekah Gunung Dempo punya Lahat.Oke…..
    Yang aku harapkah biar daerah2 wisata sekitarnya dapat digali potensinya
    buat nambah PAD.
    Salam kenal.
  57. hai kami jeme lawang agung, kamu tu datanglah kedusun kami, nak nginak curug, nga sungai jernih, jangan ngumung bae kamu disini.
  58. buat Djaenudin,
    aku setuju banget sama kamu, qta sebagai anak daerah qta harus menjaga semua potensi yang ada di alam kabupaten lahat
  59. aslam mualaikum ku jeme lahat arahan aku berharap cakaukah penggawian jeme kitetu ,aku jeme lahat asli tinggal di bandung anak jamainur sulimi desa arahan banjar sari ngaharapkan nian ngan pemerintah kitetu buat lapangan kerja . udem kudai mak ba aku disini sihat 2saje doakah aku tamat .salam kenal saje ngan jeme 2 pelimbang terutame jeme lahat . umunkah ngan jeme pelimbangtu jgn ngatekah jeme kami suduk …..
  60. Assalamu’alaikum wr. wb jeme lahat, aku ni mahasiswa Di Bandung aku ni la’ lame dide abalik dusun, Dusun aku ni Lahat. kendak aku balek kele pacak nginak Lahat lebih maju agi, semoga be Lahat tu maju di bawah pimpinan Bapak Wari. Aku ni la’ hindu benae ngak jeme tue di dusun, ape agi ngak suarian. ai….kebile nian pacak balek. semoga lahat sukses….
  61. udin penyok Berkata
    duh,,,,
    capek deh,,,,,,
    fto ny keren banget…
    tapi………………..
    kondisi d sna bda bgt ma yg d d bilang, jaln ny jelek, susah bgt tuk nympe k tjuan,
    cincaw bo’
    tolong donk diurus,,,,,
    potensi air terjuan yaong laoen ntu msih bnyk, bnyk yg gak d garap
    potensi wisata lahat ntu gede,,,,,,,,,,,,,,,,,,, bgt
    nmun syng dinas pariwisata kayak gak pduli,
    cman grap yg udah ada
    gak maksimal pula,,,,
  62. Oii kanco2ku di Rantau , Aku yakin jemo kito Lintang , Pasmah, ataupun Pagaralam . Mungkin ado nyo belum perna nginak tempat wisata kito di lintang. misal nyo Gunung Dempo.Indah nian oii. . Kalu aku la udem tiduk di fila Gunung Dempo.Pokok o asyik lah nedo perlu AC agi.apolagi makan Ikan bakar ngan sambal cung kediro di situ, oii lemak nian ,amon nedo pecayo cobo baelah se-kali2.di jamin asyik . Wasalam.teriring salam buat Kanco2 lamo ku yang masi ingat ngan aku .
  63. Oi kanco2 pedio kabar????????????? . ngapo diam galo ini oiii .ngal agi kito pilian umum. siap2 a untuk nyoblos Persiden.salam buat kanco2 di blok ini. mokase.
  64. ass,,,,,,,,,tuape pengabaran kance2.aku jeme lahat,merapi perangai,ku kinak bukit selero dan besak tu blagak benae,tulung dilestarikan,dan tulung jln tu di iluki,mangke galak jeme midang kesane,alam ku alam mu jg.mokase,ws
  65. Espan effendi Berkata
    Adak aooo ceh di iloki terus jalan tu , pi lah aku kesanee . pokok e alap benagh mak ini…..
  66. Adak Aooo.. ka di ilok i lah ini .Make nye kabatu gacap2 bale k ke duson…wassalam,,..
  67. kumaha damang jeme lahat semuge sehat 2saje mang makmane ceh jerambah di sengkuangtu lah udem ape belom kamitu nak muka talang kami .,,,,,,,,,, ame lah jadi mangke lemak balek pegi./
  68. woi kance2 yg lg mrantau tetep jayo y.
  69. Make nye kabatu, ghacap2 balek ke duson,kiinai lah alap benagh maini duson kitetu.Kate jeme kabatu la banyak duet ……….aooo, ……
  70. HIDUP JEME LAHAT…………, Sekalian minta ijin nge-copy foto nya ya.., biar bisa dipublikasikan ke masyarakat luas, sehingga Lahat dapat lebih dikenal di Indonesia atau bahkan di manca negara. sekalian promosi : Saya Alumni SMU Negeri 1 Lahat Th. 2003, bagi yang se-almamater silahkan hub: Fadli_putaslah@yahoo.com . thx
  71. Askum…. Jeme Kite tape kabar mak ini? laklame dik balik dusun.
  72. maju terus kab.lahat
  73. ade jeme lahat di papua dak????
  74. Espan effendi Berkata
    woooou kalu la nginak daeara kite tu di web ini ,sambil dengagh lagu Sahilin nitik kah ayek mate, hindu nian gak duson.Ase nak balek tula,salam baee ngak kance di duson.
  75. mardalena Berkata
    Lahat adalah tanah kelahiranku, saya sangat bangga menjadi orang lahat. Adat-istiadatnya sangat bagus dan memiliki pemadangan yang sangat inda.
  76. Kemane kumidang kurimbang kemambang,,balikm alu dik balik malu,adiksana lah elok nian kota lahat,alumni stmn lahat jurusan listrik 1977. aku ni ,banyak kance begare dulu,,kemane saje.
  77. Tuape ubat gigiku ngilu.makan kan Tebu due ghuas.sape ye la gindu ngan dusun .Baleklah kudai mangke luas.
  78. Salam kenak,aku asli jeme merapi lahat.aku bangga jd jeme lahat.ayo kite bangun kota kite lahat.
  79. Asalamualaikum….oiiy akuni lah lame benae merantau di manado saje 24 th.lebih,mbak ini dang di semarang. sebenare galak benae mengabdi mbangun badah diwek tu anye belum pacak nujunye.lah galak ige balek anye mbak mane carenye ? aku kelahiran Pagaralam tamatan SMA Negeri Lahat th.1984.dusunku Muare Danau Tj.Tebat.
  80. oiiy aku ni lah lame benae mearantau di kota jeme, la ade 16 thn, mbak ini lgi di bandung, base kota lahat tu kaye hasil alam, mudah mudahan bae jeme kite yg di rantau tu pacak maju ka kota lahat ke depan, aku ni kelahiran di dusun pagar gunung, tamatan SMA negeri 1 lahat ,th 92
    • ramli pagun Berkata
      yansh kalu kabahtu jeme pagun,buatlah karya yang indah di pagun,,,,,,,,,,,,,,tunjui care betani jeme pagun mangke sucses gale amin,
  81. weka m.s Berkata
    aq asli orng lahat aq bangga menjadi orang lahat karna disana lah aq dilahirkan…..kota lahat kota tercinta tempat yang sejuk & menarik sip…sip…sip..maju lah kota lahat ku……,,
    harus bangga dgn kota kesayangan kita kota lahat..
  82. gw punya kenangan ma cewe pagar alam…
    cewe yang mandiri..ulet tp memiliki kepribadian yang keras hati…..Samoai saat ni pun gw masi menjalani hubungan dengan cewe tersebut….walau kami mnjalani hubungan jarak jauh…
  83. pagar alam kota yang belum aq kenal … kapan aq bs menginjakan kaki ku ke pagar alam…
    KKota pagar alam …tunggu aq…..
  84. lahat oh lahat kota kecil n indah…
  85. Rangga Anugrah Pradana Berkata
    pkoknya gw cinta Lahat trutama desa gunung aji kikim and da kenangan maniz with cw Srinanti…., Bukit Serelo,Sungai Lematang i miss u deh.
  86. RakhmadLahat Berkata
    Assalamu’alaikum …ding berading…adek sanak…dimane saje badahe
    Itulah nikmatnye kalu ade kampung halaman……..ade ye dihindukah
    mak itu pule nggak aku..hindu selalu nggak lahat….ape lagi objek wisatanye tolong di jage dan dilestarikan demi anak cucung kite kele….
    Salam kenal nggak siape kina…
    aku merantau di Jakarta…anye kele ame lah tue rencane nak balek be ke Lahat ame pacak…
  87. aku jeme besemah gabungan tige sub suku jagat besemah. nineng lanang sandi besemah pagaruyung, nineng betine sandi geramat Sub suku mulak dan endung sandi sub suku gumay, tapi aku idup ditanah seberang ranah sumatera yaitu kalimantan. wajar kalu aaku hindu berat dusun laman pagaralam coy…….. pagaralam tunggu aku datang ………. ok……
  88. aq adit..aq bebini jeme pgr agung ki”m..bnr” lahat kota wisata lho?
  89. Darwin gumay Berkata
    Mang..cbe pasangkah gmbar cuhup hancan d selike,keruan dide kmu badahe..
  90. bgus web.a…….
    panorama alam.a juga bagus,,,, pi saiank ya gk ngsilin uang…..
    coba aja klo d.jadiin objek wisata…
  91. waw bnyak bner wisata d kota lahat,,,
    tp kok banyak gak tahu saya,,andai saja pemerintah mengurusnya pastio hal itu mnjd suatu daya tarik wisata di sumsel.
    maju terus sumsel..
  92. emank bnyak seh tempat wisata di lahat but rika bingung……
    emank seh kayax nya bguzz tpi ya gmana gitu….
    pengen seh kesana tapi gx pnya wktu truz mw ksitu lgean gx da tmen yg mw ngajax ksana……
    pengen nya seh scul dsitu coz denger2 enak scul dstu tpi malez kalo mw ndirian scul dsitu pa lagi lom tw jaalan lahat,lahat qan luas…….
    he…………
    kapan2 wae lah rika maen kesana……
    lg tunggu sikon yg tepat……….
    malez zeh sbnr nya di baturaja trus tp ya gmana wong baturaja kota kelahiran q…..n q besarnya di baturaja jd lom sanggup tinggalin baturaja city……….
    me love baturaja forever………
  93. Kalu gapat ber promosi ahero banyak nye tau tentang daerah kite
    kalu bukan kite nye promosikan sape agi
    pacak ngundang turis lokal atau domistic
  94. saya dedi.yansen asal dari desa kikim alamat gunung aji
    kabupaten lahat saya suda lama merantau di kota orang di
    jakarta selama 21 tahun rasanya aku ingin pulang ke kampung
    halaman
  95. bagus jg ya doain sy bisa menelusuri semuanya
  96. Clement Esser Berkata
    Aku ni jeme lahat peranakan belande – lahir 13 Desember 1930 di rumah sakit lahat. Bapakku berusaha dalam perusahan kereta api waktu memperbangunkanya. Jaman itu perusahan ini dinamakan -Zuid Sumatra Staatsspoorwegen.- Sampai 1943 ku tinggal di Bandar Agung dihadepan magazen kereta api disebelah jalanan kereta api Lahat – Kertapati, yang sampai sekarang ini masih ade disane.
    Rumah bapak dan ibuku telah tidak ade lagi.
    Teapi tahun 1997 anak putriku menghampiri kota Lahat dan die membuat foto dari pohon pohon niur yang ditanam oleh bapakku yang sampai tahun itu masih ade disane . Waktu ku masih kecil aku tiap hari jingok ke Bukit Serelo. Maini aku ade puluh puluhan foto Bukit Serelo itu.
    Jika ade jeme membace mailku ini dan mempnyai foto dari Rumah Sakit kota lahat dan jika sanggup untuk kirimkan kepadaku untuk kenaganku ke kota lahirku lahat e-mail ku clementesser@hetnet.nl . Aku sangat berterima kasih padaasipengirim.
    Maafkan ku jika banyak salah cara memakai bahasa karena saya telah semenjak tahun 1950 berankat dari Palembang.
    Salam dan hormat dari kota Haarlem di Belanda
    Clement.
  97. jarai, pajar Bulan n Tj. Sakti tu termasuk Lahat, anye dek diurusi
    kpd pemerintah mohon perhatiannya
  98. aku sngat mencintai kampung halamanku yang elok dmn tempat aku dilahirkan,yaitu kota lahat sumatra selatan…..?
  99. mari kita jaga sesama kampung halaman kita yang indah……kita jauhkan pencemaran lingkungan sekitar kita,,,,i love u….full lahat…?
  100. Promosikan lahat untuk kemajuan kota lahat tercinta
  101. dimane badah air terjun bidadari tu?? ak nak nginak’e… salam kenal boss
  102. Achmad Bastoni Berkata
    Warga Bumi Seganti Setungguan………
    kendiek kite besame
    Yang mencintai dusun laman……
    Tulunglah……..jage dan tatalah kembali dusun laman kiteni
    Ingat pepatah Baghi, “Ninieng puyang” kite dulu ( De’ paca’ ngiluk’i de’ merusak jadilah )………..
    • hendri yanjaya Berkata
      amu nak di kinai li jeme luagh masyarakat kite pacak2 nyambut jeme,muke manis,senyum,pokoknye nak iluk nga jeme…..
      jd wisata tobo rami kelenye.janga luk pepetah jeme tue dekale…
      grobak buhok sapi gile….udim itu lestarika makanan pokok tubo tempoyak…dicampurka nga ikan lampam….lemak benagh asenye……
  103. jumhari Berkata
    hindu nga lahat…. seganti setungguan, kebile mangke pacak balik…
  104. ku ingin lahat menjadi kota yang indah dan berkembang ………………
    lahat aq merindukan mu…….
  105. peraseana aq knalal gale jeme diae terjut tu, dide asing dai karot raban itu, ngaku di LI engkase di Curup Embun Heeee, slm kance2…. sape alumni SMT angktn thn 2005 khusus Otomotif di tunggu kbr km.pck hubngi aq di 081368036465 ame pck kt reoni bai…
  106. oi jme lhat jge wsta alam ne jgn pcak k sne bae ceehh berse kah dket klo ade smpah d capak”i
    kpda pmerintah lahat tlong cehh d prhatika jge ke bnyak yg dtang
    !!!!!!
    smga lahat mju
  107. kira – kira brapa lama jalan dari Medan ke Lahat ???
    Jadi pengen liburan ksn ….
  108. kab lahat perlu ditingkatkan lagi disektor pariwisatanya
  109. herpan pirdianto tlg sali Berkata
    aq nie jeme jarai duson tlg sali, salm kenal bae nga kance2 nek di blok ini, aq makni di jkt dang merantau di bada jeme badaku di tebet jaksel, dek keruan kalu ade nek nyasar singga bae, ame nak numpang minum nga makan pacak. thanks salam gale nga kance nek di rantau
  110. Achmad Tadjudin Noor Berkata
    ooooiiii…..aku jeme Lahat, lahir di Benteng kenape di Benteng …krn bapangku serdadu dulu,…aku pernah sekolah Rakyat SR 6 Gunung Gajah, lanjut ke STP di Tanjung Enim,…aku bangga….indahnya dusunku, sayang kurang parhatian Investor…kurang minat Inves…kenape?….kene kurang promosi …..pemerintah.
    Padahal bile parawisata dimajukan dampaknya sangat luas…sampai keperekonomian rakyat setempat….nah ….. itu sekedar komentar: Anak Umang.
  111. walasri antoni Berkata
    lahat memang alap nian,,,,,slm buat alumni@ smk n 1 lahat tahun 2005/2006,,,kebile ce kite reunian lak hindu aq ne nga kance2 lame tuch khusunye nga anak2 listrik……..cayo lahat…majukan terus perkembangan pariwisata lahat…..lahat is the best……
  112. n. fithri Berkata
    salam knal jeme lahat…, alang kah rindu nye aq nga’ lematang n air terjun karang dalam tu…., cb buat proposal! ndik ngilu’i sarana pariwisata dusun kite…,aq rase tambah maju lahat tu…
  113. lahat maju bersama
  114. bagus banget…
    jadi pengen ke lahat.. mamah orang pelaju palembang…
    kebetulan abang ku orang lahat juga…
    lam kenal ya…
    add di fb ku
    sama kaya alamat fb
  115. bagus banget…
    jadi pengen ke lahat.. mamah orang pelaju palembang…
    kebetulan abang ku orang lahat juga…
    lam kenal ya…
    add di fb ku
    sama kaya alamat email ku
  116. eka dian suryantoni Berkata
    ai kangen de
    ngan lahat,,,
  117. kami formal ( forum mahasiswa asal lahat ) selalu mendukung kota lahat supaya maju terus menjadi kota terpelajar.
  118. RUDY GUMAY Berkata
    MAAF DI WEB INI ADA TULISAN SUKU PASMA TERDIRI DARI 3 SUB SUKU, ITU ADALAH SANGAT KELIRU.KHUSUS BUAT GUMAY BERBAEDA DENGAN PASMA, GUMAYA ADALAH SUKU TERSENDIRI,GUMAY BUKAN SUB SUKU ATAU SUB MARGA DARI SUKU PASMA ITU SALAH KAWAN.GUMAY ADALAH SUKU BANGSA YANG SAAT INI POPULASINYA ADA 5 JUTA JIWA TERSEBAR DI SELURUH INDONESIA.GUMAY ITU BUKAN CUMA DI LAHAT.AKU RUDY GUMAY BERASAL DARI DESA AIR JERNIH LANGSA ACEH, DISINI ADA 5 KAMPUNG ORANG GUMAY YANG USIANYA SUDAH 5 ABAD
  119. bwt pemda kota lahat, tolong di perbaiki wisata ribang kamambang krn syg bgt kalo di sia-siain tanahnya luas bgt, perbanyak binatang,dan buat ribang menjadi indah lagi syg bgt tanah yg luas tp ga di manfaatkan.
    tolong permintaan saya segera di tanggapi.
  120. askaryadi Berkata
    oiii alangkah hindunye mace komentar kance2 ribang nian oiii,sebab ku gi kecek dulu pernah tinggal di benteng badah bapang begawi.persis nya di depan sungai lematang.jembatan gantung yg beayon ayon.tlg tmpilkan SD persit,bioskop selero,perumahan benteng TNI.trima kaseh. ribang kemambang 1973
  121. g mana cara daftarin hasil foto saya,tentang indahnya kota LAHAt…
    saya mau ikutan gabung ,untuk memajukan kota tercinta,kota yang sangat indah…
    saya anak lahat,yang bangga akan LAHAT..
  122. Aku udah lama banget nyari object wisata di Sumatera Selatan…….bersyukur banget aku nemu disini hari ini..Makasih yah Kang Djaloe
  123. Alhamdulillah googling tentang objek wisata Lahat akhirnya dpt juge..
    Anye nak d jage titu,mangke lemak men nak ngajaki kance sandi jawe kapo ke Lahat,mangke dide diampuki saje liang Lahat lah segale macam.
    Sukses buat kabupatenku agar bisa melahirkan orang2 besar dan membesarkan nama Lahat di negaraku..
  124. R.A erawati Berkata
    apo dio….
  125. ternyata Lahat Prospek wisatanya mantap coy
  126. pak ngpo ribang dx masukkkkkkk q tangani u tu pak
  127. lam kenal ce…aku jeme tanjung…mantap nian badah kaba ni…mampir ke bada aku ai..empai belajagh mbuat anye..hehehe
  128. Faizal alias Ical Berkata
    Aku putra lahat asli yg dilahirkan 32thn yg lalu, tiap tahun balik kelahat setelah 14 thn merantau….
    Sekarang Bupati kite asli jeme lahat, ingin sekali aku mendengar dan melihat perubahan yg signifikan. setelah 14 thn kutinggalkan blm ada sedikitpun perubahan yg bisa kubanggakan, malah sebaliknya kehidupan dilahat kurang harmonis…
    Besar harapan hasil bumi lahat : tambang Batubara,gas,minyak dpt membangun lahat dng baik, pls say no for coruption bpk.Bupati dan pejabat2 lahat…I love ‘u all
  129. lah lame nian mandi ayik lematang behanyutan dgn kance2
  130. I LOVE LAHAT; aku ni asli jeme lahat dusun aku gedung agung lah lame dibadah jeme lahhindu nian dgn keluarge sanak family disane ape lgi dgn kance kance lame jangan digegai buah duku kele merakba gale dide keputan amu lah ngaprah lah alap nian kota kite amu di kinai san di pucuk pacak kinaan humah aku dipinggir ayik gegas…………….”””””….G A……
  131. Luthfi Rijalul Fikri Berkata
    Assalamualaikum…
    Untuk kita semua, mari pelihara keindahan alam kita, khususnya Lahat..
    Jangan biarkan tangan-tangan tak bertanggugjwb merusak itu semua, apalagi hanya untuk menguntungkan pribadi. Bukan untuk kemaslahatan Umat.
  132. ass.
    i luph au kta q kota LAHAT,jangan kau rusak alam dan tempat2 wisata d lahat kawan kto jgo samo2.oke2
  133. dian saputra Berkata
    pak mno peninggaln megalitikum d daerah lahat kan ada tuuuuuuuuuuuuuu
  134. Rse nx nitek kah ayek mate ame nengaw nme lahat.Lok ni care perantwn jrng blek.Smpai kpn bae yg nmenye Lht dde kah lupe,Mdh2n kele q dpt bini jeme lht pule.Yg pck gulai tehong,smbl pinyak,tahok ubi.Pesanku,jagei lht to,jng dihusak.Ame nx ngereman t4 jeme,ame sekitien bange.Lht maju,tnggu anx lht,nykaw ilmu,mngke kite bngun lht same2.Ukeeh
  135. Lahat adalah tempat aku menimba ilmu, itu tempat wisata waktu aku masih dilahat sering kepuncak bukit selero (bukit telunjuk/bukit jempol), kepuncak gunung dempo besame kance2, kalau air terjun hampir setiap minggu, bahkan kami ikut membangun kebun binatang RIBANG KEMAMBANG, setiap hari kami bergantian membersikan hutan tsb hingga jadi seperti sekarang, pokok asiiiik deh, terima kasih dinas pariwisata yg telah merawatnya sampai sekarang walau kami semua sekarang tidak bisa mengunjungi lagi tempat2 wisata tsb, karna terbatas waktu dan tempat, tunggu suatu saat nanti kami akan datang kembali, salam buat teman2 lama angkatan pendidikan th 1987 – 1991.
  136. aku wong dusun tapi dak pernah maen ke sano….
    kiro2 mahal dak ye biaya perjalanan ke lahat dari lampung..?
  137. ayukk2 dan kkaka’ aqu jg nk laht,, tpi merantau ke lampung,,bguss2 t4 wisata nya,wlwpn wktu kcil prnah ksanaa cma sebntar,,,tpi berkesan bgd,, I lovE u laht,,,, lm kenal dri qw emi selpiani
  138. bsa ngak…poto2 hasil q d tampilkan…. Q anak lahat juga….
  139. makasih buat infonya hehe jadi pengen main kesitu nih..
  140. perjalan dari pekanbaru ke lahat berapa jam,,,??
  141. pagaralam aku di lahirkan dan di besarkan
    pagaralam kota kenangan
    likuan dikat jadi saksi bisu aku
    air lematang jadi tempatku bermain
    kac jarai jadi pasar hidupku
    aku terharu mengenang masa lalu
    aku ter paku untuk kembali
    gunung dempo puncak tempat ku berlati
    kuntau dusun itu seni bela diriku
    kapan aku bisa kembali
    aku uda rindu di kampungku
  142. kota solo sekarang ku tingal
    tapi banyak suka duka yang ku alami
    kota plores jadi perjalanan hidupku
    mau pulang ke pagaralam aja aku uda kangen dengan kampungku
    jarai bukit timur dusunku
    jau nian aku la bejalan
    aku balek lum keruan
    kebile aku balek agi ngai ngajai bini
  143. Wew.. Sumatra selatan lumayan bagus juga ya… Coba kalo diurus dgn baik oleh dinas pariwsatanya pasti bisa nyaingin bali sama lombok juga tuh..
  144. wouwwwww….!!!ternyata byk jg obyek wisata yg mnarik d lahat.thanks ni dah ngsi infony.klu byk wisata kyak gni,ga’malu ngajak tmn2 luar daerah main k lahat,byk yg bs dtampilkn&pasti mrka kn brkesan brkunjung k lahat.
  145. KAB. LAHAT Ok
  146. pak polsek lahat,,, di daerah matamieang,,, di desa merapi,,, ad pegedar sabu sabu,,,. di roko 4 pintu,, warna kuning,,,,, dekat kape mami lilut,,, tolong di takap pak,,, yg bernama boy aan pertri dan ani….
  147. edison van sojah Berkata
    tolong dong diamanin di lapangan mtq klo malem banyak yang mesum bikin gerh aza …….. sayangi lahat maju bersama
  148. Ichoy Van Derijk Berkata
    pagaralam memang MooooY buat wisata.
  149. adi putra Berkata
    pagar alam smo lahat emang indah pemandangan nyo , kaya akan objek wisata ..?
  150. slm buat sanak famili dilht……
  151. ku asli pgar alam hobi naik gunung\bukit
  152. Redy Susanto Gumay Berkata
    Lahat
    Terime kasih Banyak lahat lah banyak ngenjuk lemak
    lahat mantap wisata nye keren-keren
    BUAT MASYARAKAT LAHAT PAYU KITE JAGE SAME2 WASIRAN PUYANG YE LEMAK KITE NILAH
  153. Rina Susanti Berkata
    ass. aq rina jeme pasemah,,,
    lestarikan dan jaga terus daerah kite sumatera selatan.
    kite harus bangga,ngai daerah kite.
  154. lia elvira Berkata
    indaaah nian kabupatenku…tp sayang kotanya begitu begitu aja dari tahun ke tahun..hohoho….tp aku bangga jd wong lahat
  155. ar-royyan lematang Berkata
    Asslkm,wr wb,
    salam kenal nge kance2,kakang,uwakan,bibikan ,nenengan gale2.nameku ar-royyan lematang,tinggal dibatam,tapi bapangku jeme dusun semgkuang merapi laha,endungku jeme jarai,lukmane mangke kami ye badah jauh neh pacak ndapatkan informasi ye uptodate ttg pariwisata di kabupaten lahat kite tercinte…terimekasih.
  156. taufiq Berkata
    lahat is the best 2 jempol untuk lahat
  157. Dian Mersel Berkata
    cobo bangun sedikit tempatnyo tuch biar lmk klo dikunjungi… bikin tempat santai apo semacem apo kek biar tmbah hidup swasananyo.
  158. aq cinta kota lahat disini aq dilahirkan dan dibesarkan pokok nya aq ngak mau pergi dari kota lahat I lov lahat ……… buat wisatawan and orang yg ingin berwisata kekota lahat jngn kotory lahat dan jngn angap sebelah mata kota lahat…….. ok is the bes lahat……..
  159. aisyah Berkata
    kotaku yang indah………….. kuharap engkau kan selalu dijaga dan dilindungi dari orang-orang yang tak bertanggung jawab……
    kini dan nanti engkau kan tetap selalu indah…………
  160. kapan” aq ingin bsa berlibur kesana,.
    lahat kotany indah,.
  161. ternyata banyak sekali obyek wisata di sana, sayang hanya 2 hari saya di sana, hanya ke danau ranau dan pagar alam,
    terima kasih atas informasinya. sekarang saya lagi di batu raja
  162. rudy gumay Berkata
    objek wisata lematang indah masih masuk lahat,bukan pagar alam.lihat doong batasnya,kalau dari arah lahat sebelum jerambah, setelah jerambah baru masuk pagar alam,kan ada selamat datang nya
  163. Indahnya, cocok untuk para pelancong
  164. Rini Novita Berkata
    iigghh….
    kpannd akk bisaa ksnnaa…
    slma dilahtt akk blomb pernahh kt4@ nhuii
    seruu nandd…
  165. kandek ye mehase pagar alam bukan lagi bagian lahat. ude pule, mpok aku jeme pagar alam anye aku maseh merase jeme lahat. pagar alam lahat semegi saje ce. masih sejurai gale ce.
  166. air terjun bidadari sangat bagus, setiap kali kita jalan,liburan sama temen_temen ke pagaralam kita selalu mampir di air terjun bidadari, walau pun saya bukan jeme lahat dan pagaralam saya tetep menyukainya……..?
  167. jembatan benteng juga bagus kita sempat lho….
    foto- foto, disana?
  168. zhaskia nesya saumi Berkata
    oi…..lahat tape kbr cee aq lak lame didie blk lak 5 taun hindu nau dng kmpung halaman aq tu,mudah2an pas aq blk lahat lak alap!!!!!!!!!1
  169. sefty andini Berkata
    interest banget dengan tempat wisata nya…..kapan-kapan klo ad ksmptan pingin deh dtng ksana
  170. aku cinta lahat,,, ape lagi am bukit serelo,, kan ciri khas lahat…. (Y)
  171. semogah pariwisata lahat maju terus,,, aq cinta lahat ape lagi kecamatan merapi, kan aq jeme merapi…. ape lagi ngak bukit selero ye,,,….
    (Y)
  172. Alhamdullilah kami baru pulang dari Wisata AIR TERJUN BIDADARI
    Air terjjun ini benar – benar bagus, Rasa haus hilang sketika setelah kami melihat dan menyaksikan panorama indah nya……
    Coba kalian perhatikan sendiri pada Fhoto No 6 Disana ada Foto air terjun Bidadari……
    Rasakan Sendiri Dan Buktikan Perkataaan Saya Saya Brani Jamin Anda Bakal Ketagihan.!
  173. pengen kesitu kalu balik ke-Lahat………hindu nian dengan dusun
  174. joe bougelz Berkata
    kangen sama lahat….
    pengen pulang!!!!
  175. i like it L A H A T”
  176. pokoknyee baguuussss
  177. randianto Berkata
    lahat emg the bast dehhh,.aku bngga jadi ank lhat
    slam buat ank2 lhat.trutma buat almni smk 1 lhat (stm)
  178. mju trus kab lahat
  179. mju trus kab khat.emg kab lhat the bast dehhhhhhhh,bruntung aku jdi org lhat.yg kya akn kkayaan almny.and org2ny yg ramah tmah.
  180. Zeven ENo Berkata
    Ayo Kita bIsa.. LahaT Bisa.. Go Internasional
  181. Sumiyanto Berkata
    Klu dari sekayu berapa jauh tu………
  182. yossi alfian Berkata
    asalamualaikm, kenal ka aku ni TIUS jeme MULAK, mbak ini aku dang d jambi, sbna’e aku ni caka i kanc’e, la lame benae dik betemu, amu ade yek keruan gak aku, n’juk tau gak aq ke alamat email: alfianyossi90@gmail.com
  183. rivo supriza rasandes Berkata
    lah hindu dngan lahatt
    mga tambh belagak saje lahat
  184. kl dr kota baturaja brp jam… Dan arah kemana ya?
  185. wah jeme lahat lemak nian banyak yg parawisata yh :D
  186. tp kok tempat saya gk ada tuh, kikim selatan yg ada air terjun d desa suka jadi :(
  187. law dr batu raja ke lahat berapa jam ya law naik mobil
  188. pengen berkunjung ke salah satu wisata di cna tpi ngk tw jln nya.
    ha ha ha ha
  189. lili lebuhan Berkata
    Ass…mju trus lahat,pagaralam.knalkah aq lili aq dlu sekolah di MAN pagaralam 2004.aq dlu tnggl di indra giri pasdpn smpng tbt bruilir.lalme nian dek blk kedsun lman.aq ni merantau dibatam ste tmat sklh.spe knal nga aq tlng hub dkt.www.lilihartati85@yahoo.com la ghindu nian nga kance2 lame.
  190. belum pernah k sana, tapi libur ini di rencanakan pergi k sana. transport (angkot umum) yg menuju k lokasi2 wisata ada gak ya?
  191. numpang singgah,nak nginai gambar bada kami midang dulu
  192. gan saya orang palembang mau liburan k pagar alam naik mtor….
    tapi gak tau jalan, bisa d kasi tau gak jalan2 a?
  193. makasih… ea….
    gah bantu tugas q….
    n’ hasilnya cukup memuaskan…. ^-^
  194. Tolong bos beri info tentang bukit nyaring

Tinggalkan Balasan

Fill in your details below or click an icon to log in:
  • HALO HALO



    Aloww semuanya....untuk menjaga tali silaturahmi, dimohon bagi teman teman, suhu dan para master dunia blog yang sudah mampir dan membaca untuk meninggalkan sedikit jejaknya di RUANG TAMU saya. Saya akan sangat menghargai kunjungan anda kesini. Terima Kasih.
  • Cari Artikel…

    Bagi yang kesulitan mencari artikel, silakan gunakan fasilitas ini.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar